18 January, 2021, 15:57

Musim Kemarau, 799 Personel APP Sinar Mas Siaga di OKI

OGAN ILIR – Berdasarkan hasil pemetaan dari bpbd terdapat tiga ratus desa dan sembilan kabupaten yang dikatagorikan rawan kebakaran hutan dan lahàn (karhutla).

Untuk menghadapi musim kemarau 2019 yang akan kita hadapi serta mendukung pemerintah provinsi sumatera selatan dalam penanganan karhutla app sinar mas serta mitranya disumsel khususnya di OKI sudah mengintisifikasi dalam kegiatan sosialisasi ,menyiagakan SDM serta menambah beberapa fasilitas untuk penanganan karhutla.

Menurut Mares pribadi selaku fire operation management head sinar mas forestri region palembang mengatakan lebih baik mencegah dari pada memadamkan api. Untuk antisipasi karhutla di Sumsel khususnya di OKI perlu dua strategi tambahan yaitu strategi pencegahan dan mitigasi.

“Sebelum melakukan strategi perlu langkah langkah awal yang harus kita kerjakan yaitu melakukan pemetaan rawan area kebakaran serta mengidentifikasi area mana dikonsesi hingga berjarak 5 km dari perbatasan konsesi yang paling berpotensi karhutla,”jelasnya

Tambahnya, baru bisa melakukan strategi pencegahan diantaranya dilakukan peningkatan kerja sama dengan masyarakat,melalui program masyarakat peduli api (MPA)

“kemudian strategi mitigasi yaitu ketika api sudah terdeksi ada 3 tahapan yang dilakukan menghitung luas area titik api ditunjang dengan 135 pos pantau,19 drone,23 menara api,dan 35 menara api mini,”ujarnya

tahapan kedua tim sudah sampai 1 jam dilokasi yang terbakar. setelah titik api pertama kali ditemukan. ditunjang dengan 4 airboat,89 unit transportasi air,40 truk pemadam api,40 mobil patroli serta 114 motor patroli dan menempatkan pos pantau diarea rawan.

“Untuk tahapan ketiga perusahaan sudah menyiapkan 799 personil regu pemadam kebakaran.ditambah dengan tim reaksi cepat yang dukung dengan peralatan seperti 451 pompa air,serta 3 unit helikopter water bombing,”tutupnya (Rda)

Facebook Comments
Share