22 January, 2021, 19:57

Massa Desak Pemerintah Segera Selesaikan Sengketa Lahan Masyarakat

Musi Banyuasin , Suaraampera – Puluhan massa menggelar Aksi Damai di Depan Kantor Pemkab Muba Jalan Kolonel Wahid Udin Sekayu Kab. Muba, Kamis (25/04/2019)

Dalam aksinya massa Meminta pihak Pemerintah segera cepat ikut dan bertanggung jawab dalam penyelesaian Sengketa Lahan Masyarakat, dan juga Meminta kepada Pihak PT. GPI segera menyelesaikan dan merealisasi Hak kebun Plasma masyarakat.

Massa di ditemui oleh H. Rusli Asisten I, menyampaikan, bahwasannya Bupati Muba belum bisa menemui kalian dikarenakan masih ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan, untuk Permasalahan Pihak Masyarakat dengan PT. Guatri Pecconina Indonsia sudah ditangani oleh Pemerintah dan butuh waktu didalam penyelesaiannya.

“Apabila kalian akan mengadakan aksi pemortalan jalan Produksi PT. GPI saya tidak mengizinkan dan tidak melarang silakan saja, akan tetapi jangan ada kegiatan Anarkis yang dapat menimbulakan bentrok dilapangan,”jelasnya

Dengan menggunakan Kendaraan R4 jenis Minibus dan Bus Massa bergerak dan menuju Perjalanan ke PT. Guatri Pecconina Indonsia Rantau Panjang Estate dengan rencana dan tujuan Melaksanakan Pemortalan Jalan Produksi.

Pukul 15.00 Wib H. Anwar CS diterima oleh bpk. Perwakilan PT. Guatri Pecconina Indonsia Yani (Humas), menyampaikan , Bahwasannya Pihak Perusahaan sudah mengakomodir permasalahan ini dengan serius dan tidak main-main, kita sebelumnya sudah melaksanakan Pertimbangan Teknis (Pertek) dan pertemuan dengan pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) selanjutnya baru kita ke Dinas Perizinan.

“Permasalahan yang ada hanya terkendala dengan Lahan, karena Tim dari Pemda sudah meninjau dan mengecek lahan yang sudah ada di Area Danau Cala tidak bisa kita kerjakan dikarenakan Lahan tersebut merupakan lahan Rawa dan Gambut kita ingin mencari Lahan tanah Mineral,”jelasnya

ditambahkanya Maka dari itu Perusahaan akan berencana mengalihkan Areal Plasma Masyarakat kedaerah, Desa Gaja Mati, Desa Rantau Sialang, Soak Baru, Bandar Jaya, Teladan dan Batang Hari Leko.

Dari kelompok H. Anwar menerima dan akan mengikuti segala bentuk proses birokrasi yang sudah berjalan baik dari Pemkab Muba dan Pihak PT. GPI, untuk sementara ini Pihak H. Anwar dan Massanya tidak jadi atau batal di dalam melaksanakan Aksi Pemortalan jalan Produksi PT. GPI. (Lex)

Facebook Comments
Share