Kasat Narkoba Polres Muba Dilaporkan, Dugaan Pelanggaran Kode Etik Profesi

Palembang-suaraampera – Kasat Narkoba Polres Musi Banyuasin AKP Hidayat Amin 10 anggotanya dilaporkan Leni Merlianti istri Abi Siregar ke Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sumsel Jumat siang (1/3).

Kasat res narkoba muba AKP Hidayat Amin dilaporkan dengan kasus pelanggaran kode etik profesi, karena tidak menyertakan surat penyitaan barang barang berupa mobil, motor, perhiasan dan uang dirumah tersangka Abi Siregar yang diduga ada kepemilikan narkoba jenis sabu sabu saat melakukan penggerebekan dirumah tersangka di Dusun III, Kelurahan Sukarami, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin pada 4 Januari 2019 lalu.

Menurut Kuasa hukum Leni Merlianti, Muhammad Yusuf Amir SH dan Agustina Novita Sari SH menjelaskan saat Kasat Narkoba Polres Musi Banyuasin dan anggotanya melakukan penggeledahan dirumah kliennya, diduga mereka telah mengambil barang barang berharga milik kliennya tanpa hak karena tidak dilengkapi dengan surat berita acara penyerahan maupun penyitaan barang bukti.

“Adapun barang barang telah diambil berupa satu unit FDR CCTV, mobil CRV satu unit, motor dua unit, emas seberat 45 suku dan uang sekitar 223 juta. Barang barang inilah yang disita tanpa status berupa bukti surat penyitaan dan barang ini tidak ada kaitannya dengan suami ibu Leni, Abi Siregar yang diduga pelaku narkoba,”kata Muhammad Yusuf Amir SH didampingi Agustina Novita Sari SH kepada wartawan jumat siang.

Menurutnya, yang menjadi tanda tanya, sebelum anggota melakukan penggeledahan dirumah kliennya, yang katanya anggota menemukan barang bukti narkoba, anggota terlebih dahulu mencabut atau pun mematikan kamera CCTV yang terpasang dirumah kliennya sehingga tidak bisa merekam semua kejadian yang ada didalam rumah.

“Kami berharap khususnya kepada Propam dan Kapolda Sumsel menindak lanjuti laporan klien kami sehingga klien kami bisa mendapatkan keadilan. Dan kejadian seperti ini sudah sering dilakukan oleh anggota polisi yang berada dilapangan dengan semena mena terhadap masyarakat yang belum tentu bersalah,”bebernya.

Mereka juga sudah mempertanyakan, kepada penyidik, dan sampai saat ini kejelasan barang milik kliennya tidak ada kejelasan atau pun tidak ada statusnya.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Musi Banyuasin AKP Hidayat Amin ketika dikonfirmasi mengatakan laporan yang dibuat oleh istri Leni Merlianti merupakan hak dari mereka karena apa yang dilakukan oleh Satres Narkoba Polres Musi Banyuasin sudah sesuai prosedur.

“Kami saat melakukan penggerebekan dirumah tersangka kami menemukan barang bukti narkoba lima paket masing-masing satu paket seharga 12 juta. Sedangkan terkait mobil, motor, perhiasan yang kami sita akan kami kenakan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU),”terangnya.(Rda)

Facebook Comments
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *