24 November, 2020, 12:11

Lahan Areal Sawah di Alih Fungsikan Menjadi Lokasi Galian Pasir

MUSI RAWAS – Staf Kelurahan Bag. Ketertiban Umum Katimin melakukan peninjauan lahan areal sawah yang di alih fungsikan menjadi lokasi galian “C” oleh Lurah O. Mangunharjo Kec. Purwodadi Kab. Musi Rawas beserta kelompok tani, Kamis (28/2)

Areal sawah yang di lakukan galian “C” berada di wilayah Kel. O Mangunharjo namun pemiliknya adalah warga Desa Sukorejo Kec. Stl Ulu Terawas (Sdr. Anton) sebelumnya sawah tersebut dimiliki. Samiran (warga Kel. O Mangunharjo kemudian sekitar tahun 2016 dibeli oleh Anton karena berada di pinggir sungai sawah tersebut di lakukan galian pasir dengan menggunakan mesin dongfeng.

Setelah sekitar 3 tahun di areal tersebut mengakibatkan abrasi sehingga petani sawah yang berada disekitar lokasi merasa khawatir akan terjadi longsor maka para kelompok tani melaporkan ke pada pihak Kelurahan.

Permasalahan ini agar mendapat penyelesaian yang baik agar tidak terjadi konflik antar masyarakat, mengingat sesuai UU No 23 Tahun 2014 perijinan galian “C” sudah beralih dari kabupaten ke Provinsi, dan pemilik lahan belum mengantongi ijin dari Badan Penanaman Modal dan Perizinan (BPMP) Provinsi.

Mengingat saat ini sudah mendekati pelaksanaan Pemilu 2019 agar pihak terkait dalam menyelesaikan permasalahan tersebut secara arif dan bijaksana agar para petani merasa nyaman terkait adanya abrasi disekitar areal persawahan, serta mengacu pada aturan UU yang berlaku. (Lex)

Facebook Comments
Share