Ratusan Barang Sitaan Dicabang Rutan Tebing Tinggi Dimusnahkan

EMPAT LAWANG – Ratus barang sitaan di Cabang Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang dimusnahkan dengan cara dibakar.

Hal ini dikatakan langsung Kepala Cabang Rutan Tebing Tinggi Yudhi Khairudin melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan dan Pengelolaan Sukma Amri usai apel siaga Musi Bergerak, Senin (17/12).

“Barang yang kita musnahkan yaitu HP 67 buah, cas HP 45 buah, power bang 5 buah, kabel 4 rol, stopkontak 5 buah. Itu kita musnahkan dengan cara dibakar,” kata Sukma Amri.

Dijelaskan Sukma Amri, saat ini jumlah warga binaan di Sumatera Selatan sebanyak 13.602 orang, sedangkan kapasitas hunian hanya 6.476 orang. Itu artinya over kapasitas sebanyak 210 persen.

“Dan akhir-akhir ini Lapas dan Rutan menjadi sorotan publik, karena dianggap rendahnya kinerja petugas pemasyarakatan,” jelasnya.

Pelaksanaan apel siaga lanjut Sukma Amri, mencanangkan operasi dengan sandi Musi Bergerak dan kegiatan ini bukan hanya ceremonial saja. Akan tetapi merupakan upaya bentuk penguatan-penguatan satuan tugas seperti satgas Kamtib, P2UN, Satgas Waainternal.

Satgas P4GN, Satgas Saber Pungli yang berada didalam Lapas, Rutan dan Cabang Rutan. Agar dapat menjalankan fungsinya secara berkesinambungan sehingga kedepan dapat mengantisifasi, gangguan keamanan dan kertiban menjelang natal tahun 2018 dan tahun baru 2019.

“Serta peredaran Narkoba dan dapat mewujudkan zero halinar disetiap Lapas, Rutan dan Cabang Rutan, dilingkungan kementrian Hukum dan Ham Sumatera Selatan,” tungkasnya (Red)

Facebook Comments
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *