20 October, 2020, 03:33

Empat Lawang Memperingati Hari Santri Nasional

EMPAT LAWANG – Hari Santri Nasional yeng ke Tiga (3) dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia, Senin (22/10), termasuk di Kabupaten Empat Lawang.

Untuk di Empat Lawang sendiri, peringatan Hari Santri Nasional merupakan untuk yang pertama kalinya dilakukannya peringatan.

Sementara peringatan hari santri nasional untuk kabupaten Empat Lawang, dipusatkan dilapangan Talang Gunung Kelurahan Jaya Loka Kecamatan Tebing Tinggi pada Senin (22/10).

Ketua Panitia Tunarno, mengucapkan terimaksih kepada masyarakat Talang Gunung yang turut serta dalam mensukseskan Peringatan hari Santri nasional tahun 2018 ini.

” Pelaksanaan hari santri tahun ini diikuti oleh 800 orang santri, dari Kecamatan Tebing Tinggi dan Saling, ada juga dari Kecamatan Talang Padang dan kegiatan ini murni dari swadaya masyarakat serta bantuan para donatur,” kata Tunarno kemarin.

Dilanjutkannya, Untuk saat ini Sekolah seperti pesantren di Kabupaten Empat Lawang sekarang sangatlah sedikit,” Tapi untuk TPA ada sekitar 500 lebih yang tersebar di seluruh Kabupaten Empat Lawang,” ujarnya.

Ditempat yang sama Ketua Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Empat Lawang, Saifullah Razak, Mengapresiasi atas terlaksananya acara hari santri nasional tahun 2018 ini, dan bisa dikatakan peringatan hari santri di Kabupaten Empat Lawang ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan.

” Kedepan kita akan laksanakan di tingkat Kabupaten, ini baru tingkat Kecamatan, tapi bukan hanya Santri dari Kecamatan Tebing Tinggi, tapi Santri dari Kecamatan Saling dan Talang padang juga ikut hadir,” kata Saiful.

Untuk tahun ini sambung Saiful, perintgatan hari santri tahun 2018 ini, merupakan tahun ketiga dengan tema,” Bersama Santri Damailah Negeriku.

” Dengan Tema tersebut diharapkan dapat memacu semangat Para santri dalam mendirikan Dedikasi Santri untuk Indonesia Mandiri guna mewujudkan Empat Lawang Yang MADANI,” cetus Saiful.

Sementara itu Bupati Empat Lawang H.Joncik Muhammad melalui Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kabagkesrah) Kabupaten Empat lawang Sumardi, Mengucapakan terima kasih atas terlaksananya hari santri nasional di Kecamatan Tebing Tinggi, dalam menegakan siar Islam di Kabupaten Empat Lawng ini.

” Para santri ini memiliki andil besar dalam terbentuknya Republik Indonesia ini. Mendidik Resolusi jihad dan Memper tegas para santri dalam menyiarkan siar-siar Agama ditanah air,” kata Sumardi.

Dia juga menambahkan, kegiatan seperti hari Santri ini, tidak hanya dilaksanakan sampai disini saja. Tapi ke depan dapat terlaksana lebih baik lagi. Sesuai dengan program Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, yaitu mewujudkan Empat Lawang yang MADANI.

“Kegiatan seperti ini harus terus dilanjutkan, karena sejalan dengan Visi dan Misi, dan Program Pemerintah Empat Lawang. Yaitu menjadikan Empat Lawang yang, MADANI,” pungkasnya.(Tri)

Facebook Comments
Share